Minggu, 12 September 2010

JADWAL IYLP

www.annaqueeny@gmail.com
Sbenarnya aku ikut program ini pada tahun 2009,,tapi aku baru sempat posting disini,karena kbetulan baru2 ini pk guru nyuruh aku untuk bwat laporan perjalannanx,,hhe
check it out!
LAPORAN
Indonesia Youth Leadership Program

Indonesia Youth Leadership Program adalah sebuah program yang disponsori oleh Departemen luar negeri Amerika Serikat dan diselenggarakan oleh Legacy Internasional dan bersama CCEI (Center For Civic Education Indonesia).
A. Orientasi Keberangkatan / Pra-Keberangkatan
Pada tanggal 10 Juli 2009 kami mengikuti pra-orientasi keberangkatan di Jakarta bergabung bersama para siswa lainnya yang berasal dari dua provinsi berbeda yaitu Jawa Barat (Karawang,Depok) dan Sumatera Selatan (Palembang) , jumlah keseluruhan dari kami adalah 17 siswa dan 3 guru di temani satu pendamping (escort) Istasadya,tepatnya di Hotel Cemara selama tiga hari,di sana kami diberikan pelatihan.

B. Keberangkatan
Pada tanggal 13 Juli 2009 kami berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta menuju narita Jepang selama 7 jam perjalanan menggunakan pesawat Japan Airliness dan sampai pikul  09.00 Waktu Narita, Jepang. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan penerbangan menuju Washington D.C (US) selama lebih kurang 16 jam menggunakan pesawat United Airliness. Di washington D.C tepatnya di Dulles International Airport, kami berangkat menuju negara bagian Virginia menggunakan bus selama lebih kurang 7 jam. Kami menginap di Hyatt Place Hotel. Di hotel ini kami diberikan kesempatan istirahat, sebelum diberikan pelatihan lebih lanjut. Di Amerika, matahari terbenam sekitar pukul 21.00. Ketika kami di Amerikan, warga setemapt menebutnya dengan hari panjang, karena siang hari lebih panjang dari malam hari. Keesokan harinya kami mengadakan meeting bersama staff dari Legacy Internasional yang bertugas sebagai pembimbing. Mereka sebanyak dua orang yaitu Lorraine Warren dan Selma Eluordighi dan didampingi seorang penerjemah bahasa yaitu Pupung Purnawarman yang akrab kami sapa dengan Mas Pupung.
Ketika itu kami mulai membahas sistem pemerintahan Amerika Serikat dan diskusi mengenai permasalahan dunia. Selain itu kami juga membahas tentang host family (keluarga Amerika tempat kami akan tinggal selama 10 hari). Keesokan harinya kami berjalan-jalan menuju Roanoke Star di puncak Gunung Mild (Mild Mountain) dan Smith Mountain Lake (sebuah danau) yang terletak di Bedford. Roanoke star adalah lambang kota Roanoke, yang merupakan salah satu kota penting di negara bagian Virginia. Setelah beberapa hari di Hyatt Place kami dijemput oleh Host family para perserta IYLP (Indonesia Youth Leadership Program) yang dibagi dalam tiga kota di Virginia yaitu Roanoke, Bedford, dan Lynchburg (Forest). Kota Roanoke adalah sebuah kota kecil tetapi di kota ini terdapat lebih banyak gedung dibanding Bedford dan Lynchburg. Kota ini terkenal sebagai pusat kota. sedangkan Bedford adalah kota yang memiliki panorama alam yang indah dan bersih, terdapat padang rumput, hutan mapple, air terjun dan lain-lain.  Tak jarang kita melihat rusa atau burung yang berkeliaran bebas. Di kota ini juga terdapat universitas, tempat-tempat besejarah serta sangat subur dan makmur.
Sedangkan Lynchburg adalah kota yang jaraknya lebih kurang setengah jam dari Bedford juga memiliki panorama alam yang indah. Raodhatul Jannah yaitu saya sendiri bersama teman Ipah dari Karawang,  tinggal bersama ilmuwan lulusan Harvard University bernama Eric Rubin dan Dedeh Rubin. Mereka adalah keluarga muslim tinggal di Bedford.

B. Host Family
Kami berada di host family selama 10 hari dari tanggal 16-25 juli 2009. Kendati kami tinggal terpisah, tetapi setiap pagi kami sudah harus berkumpul kembali untuk mengikuti brbagai kegiatan yang sudah dijadwalkan. Kami harus bergagung dengan 17 siswa dan 3 guru dari Indonesia, untuk mengadakan meeting di Roanoke. Kami biasanya dijemput menggunakan bus menuju kota Roanoke. Berikut adalah jadwal dari kegiatan kami :
·        18 s/d 19 Juli 2009 = weekend bersama host family pada kesempatan kali ini kami diajak berjalan-jalan atau bertamasya bersama host family kami masing-masing. Bentuk tamasya tergantung pada host family sendiri, ada yang pergi mendaki gunung, memetik buah peach, makan es krim, ke puncak gunung, nonton di bioskop, mengunjungi universitas terkenal seperti virginia Tech dll.
·        20 Juli 2009 = Mengunjungi kantor pemerintahan kota Roanoke, bertemu dengan Walikota dan mengadakan meeting bersama Kepala Dinas Tata Kota.
·        21 juli 2009 = Mengunjungi sekolah menengah atas Cave Spring High School dan bertemu juga dengan dengan para siswa. Kami juga berkesempatan untuk berbincang dengan mereka dan bertukar infonrmasi tentang negara masing-masing.
·        22 juli 2009 = Mengunjungi media massa, koran The Roanoke Times, dan stasiun televisi lokal WDBJ-TV untuk menambah pengetahuan mengenai media massa.
·        23 Juli 2009 = “community service”, di sini kami mendapatkan kesempatan untuk menjadi tenaga sukarelawan atau volunteer. Sebanyak 17 siswa dibagi dalam tiga kelompok yaitu:
1.      Head Start = sebuah playgroup, di sini kami menggantikan guru untuk mengajari anak-anak umur 3-5 tahun.
2.      RAM House = membantu para pekerja untuk memberi makan para tunawisma
3.      Food Bank = membantu para pekerja untuk membawa makanan ke mobil, nantinya makanan ini akan disumbangkan kepada orang-orang tidak mampu.
·        24 Juli 2009 = meeting bersama Khaled Hassouna membahas tentang Environment (lingkungan) & Al-Qur’an
·        25 juli 2009 = Fareweel Portluck dan Cultural Performance yaitu perayaan hari terakhir bersama host family. Di sini kami mengadakan pertunjukkan budaya dari daerah masing-masing.

C. Global Youth Village (GYV)
            Kami berada di sini selama 12 hari dari tanggal 26 Juli s/d 6 Agustus 2009. Global Youth Vilage adalah  sebuah perkemahan musim panas yang berada di kota Bedford. Perkemahan ini dikelilingi oleh hutan mapple yang hijau dengan bukit dan panorama yang indah. Di perkemahan ini para remaja dari berbagai belahan dunia berkumpul setiap tahunnya.
Padasaat persiapan menuju Global Youth village, kami diberikan pelatihan dan himbauan agar tidak kaget atau takut menghadapi para remaja lainnya yang mempunyai perbedaan budaya dan cara berpakaian seperti kami. Setelah semua persiapan rampung, kami kemudan berangkat berangkat menuju GYV. Di sini kami tidur di kabin yang terbuat dari kayu. Dalam satu kabin terdiri empat remaja Amerika, luar Amerika, juga empat remaja Indonesia, dan dua atau satu cabin consuller (kepala kabin). Di GYV kami diperkenankan memilih berbagai kegiatan seperti membuat topeng, menggambar di atas keramik, permainan bola voli, renang, serta menyulam. Kegiatan utama seperti leadership counsil, message to the world, peer education,dll, bertujuan untuk melatih kepemimpinan para remaja-remaja di GYV. Di sini juga kami bertukar pikiran dengan remaja dari Amerika dan remaja lainnya bercerita tentang kebudayaan dan cara hidup kami. Ssetiap malam selalu ada acara menarik dan menyenangkan seperti menari, bernyanyi, bermain bersama. Selain itu kami dilatih untuk membuat suatu project yang nantinya setelah sampai di Indonesia akan kami terapkan di lingkungan kami. Projectnya bermacam-macam seperti mengajari  berbahasa Inggris kepada anak-anak, menanam sejuta pohon di lingkungan yang gersang dan masih banyak lagi jenis project lainnya.
Kami juga mengadakan acara Indonesian Cultural Night. Dalam acara ini kami menampilkan pertunjukan budaya Indonesia, pertunjukan ini disaksikan oleh President Legacy Internasional J.E Rash beserta staff juga remaja lainnya.

C. Washington D.C
            Pada tanggal 7 agustus 2009 memulai menuju ibu kota negara Paman Sam. Berikut adalah jadwal kegiatan di Washington D.C (District of Columbia) :
·        7 agustus 2009 = sesampainya di Washington D.C/D.C kami mengunjungi Adam’s Center bagi yang muslim, dan Gereja Protestant untuk pelajar non-muslim. Adam’s Center adalah masjid terbesar yang terletak di D.C. Selain masjid juga terdapat sekolah. Di sini setiap harinya orang muslim datang berkumpul dan sholat berjamaah. Setelah itu menuju Jhon F. Kennedy Center yaitu monumen mantan presiden Amerika. Di sini kami menyaksikan berbagai pertunjukkan orang Indian, sebelum melanjutkan perjalanan ke Asian restaurant untuk makan malam.
·        8 agustus = mengunjungi Capitol Hill (Gedung parlemen), American indian museum, White House (gedung putih), veteran perang Vietnam dan Korea di sini terdapat patung prajurit dan nama-nama korban peperangan. Selanjutnya mengunjungi tugu Abraham Lincoln yaitu Presiden Amerika ke 16, kemudian ke tugu Thomas Jefferson Presiden Amerika ke 3, dan makan malan di Chinatown. Terdapat banyak penduduk Asia yang tinggal di wilayah ini.
·        9 agustus 2009 = jalan-jalan ke museum terbesar di dunia yang bernama Smithsonian. Di sini kemi sempat membeli souvenir, dan makan malam spesial bersama para staff legacy.
·        10 agustus 2009 = Meeting bersama staff Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, mengunjungi Kedubes Indonesia dan bertemu duta besar.
·        11 agustus 2009 = Dari Bandara Dulles terbang menuju Narita Jepang. Dari Narita menuju Singapore.
·        12 agustus 2009 = sampai di Singapore menginap di Ambassador hotel
·        13 agustus 2009 = Menuju Jakarta Indonesia.
·        Kami kemudian tiba kembali di Bima pada 14 Agustus 2009.

Demikian laporan perjalanan saya ke Amerika Serikat.
                                                        
                                               Foto bareng IYLP'ers :p
                                                           At Jhon F.kennedy center

                                                   Indonesian Cultural performance at GYV


1 komentar: